Rabu, 04 Mei 2011

Lindas Schalke, Manchester United Pastikan Bertemu Barcelona di Final

Meski bermain tanpa dua aktor utama kemenangan 2-0 dileg I semi-final Liga Champions, Ryan Giggs dan Wayne Rooney, Manchester United terbukti masih terlalu tangguh bagi Schalke 04.

Ketika ganti menjamu klub Bundesliga itu di Old Trafford, Kamis (5/5) dinihari WIB, The Red Devils mencatat kemenangan telak 4-1.

Sepasang gol Anderson menyusul torehan Antonio Valencia dan Darron Gibson membuat United melenggang nyaman ke final dengan agregat 6-1. Die Knappen hanya bisa menggetarkan gawang Edwin van der Sar satu kali lewat Jose Manuel Jurado.

Di laga puncak yang akan berlangsung di Wembley, armada asuhan Sir Alex Ferguson sudah dinanti Barcelona, tim yang mengalahkan mereka di final 2009 di kota Roma.

Jalannya pertandingan:

Sadar cuma kemenangan dengan minimal dua gol jika ingin kiprah mereka berlanjut, Schalke mengambil inisiatif penyerangan di menit-menit awal.

Wajar jika kans perdana pada partai yang dipimpin oleh wasit Pedro Proenca ini pun jatuh untuk tim besutan Ralf Rangnick. Di menit ke-8, Atsuto Uchida mengirim bola kepada Jefferson Farfan, tapi tendangan rendahnya masih melebar.

Setelah sanggup mengatasi kegamangan, United mulai bangkit menguasai permainan hingga pada akhirnya berbuah hasil di menit ke-26.

Umpan terukur Darron Gibson diterima Antonio Valencia yang melesakkan bola di antara kedua kaki Manuel Neuer. 1-0 di Old Trafford, 3-0 secara agregat dan jalan United ke Wembley pun sulit terhadang lagi.

Hanya berjarak lima menit, pendukung United kembali melompat girang ketika tendangan Gibson dari jarak sekitar 20 meter tak mampu ditangkap dengan sempurna oleh Neuer sehingga bola bergulir masuk ke gawangnya.

Tak lama berselang, papan skor lagi-lagi berubah. Kali ini angka 0 untuk Schalke berubah setelah sapuan pendek Jonny Evans dimaksimalkan Jurado untuk melepas sepakan keras menembus gawang Van der Sar.

The Red Devils nyaris unggul dua bola lagi sesaat kemudian. Berawal dari umpan Nani, Valencia mengelabui Neuer, tapi tendangannya masih bisa dihalau di garis gawang oleh Benedikt Howedes.

Sepuluh menit memasuki paruh kedua, United kembali memperoleh kans memperbesar skor. Dimitar Berbatov memberikan bola kepada Anderson di tepi kotak penalti Schalke. Bola hasil tendangan gelandang asal Brasil itu kemudian meluncur ke arah kanan atas gawang Die Koenigsblauen. Sayang, penyelamatan akrobatik Neuer mementahkannya.
Anderson akhirnya sukses masuk scoresheet di menit ke-72. Menyambut crossing dari Nani, pemain bernomor punggung delapan ini sempat kehilangan keseimbangan, tapi bangkit dengan cepat dan membobol gawang Neuer dari jarak dekat.

Empat menit kemudian, Anderson mencetak gol keduanya pada malam itu, juga dari jarak dekat. Kali ini Berbatov yang muncul sebagai pengirim assist.

Sembilan menit sebelum laga usai, Klaas-Jan Huntelaar menggetarkan jala United, tapi gol dianulir wasit karena eks striker AC Milan ini telah lebih dulu berada dalam posisi off-side.

Skor tak berubah hingga peluit panjang terdengar, dan United pun memperoleh kesempatan membalas dendam pada Barcelona 28 Mei mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar